[review] Ip Man 3

Saturday, December 31, 2016

Hi beYOUtiful, hari terakhir di tahun 2016 ini kalian pada ngapain aja ciiih? Ada yang liburan, pastinyaaa. Ada yang keliling kota bareng keluarga, seru dooong. Ada juga yang ngendon seharian di rumah mantengin acara TV yang biasanya bagus-bagus. Kadang movie marathon juga tuh, meskipun nggak semua film yang diputar kesukaan kita ya. Nah, masih dibahasan film berbahasa asing selaing Bahasa Inggris. Hari Sabtu ini saya mo ngereview sedikit film berbahasa Cantonese, bahasa resminya Hong Kong dan Macau ... IP Man 3.

Ip-man-3-sinopsis
Ip Man 3 [1]

SINOPSIS

Film bergenre biografis seni bela diri yang mengambil seting tahun 1959 ini disutradarai oleh Wilson Yip, dan sejatinya Ip Man 3 ini based on true story the grandmaster Wing Chun, Ip Man yang apik diperankan oleh Donnie Yen.

Diceritakan bahwa anak pertama Ip Man dan Cheung Wing-Sing [Lynn Hung], Ip Chun kembali ke kota asal mereka Foshan untuk melanjutkan sekolah di sana. Ip Ching sebagai anak kedua menemani kedua orang tuanya tinggal di Hong Kong.

Kemudian Bruce Lee, [di Ip Man 2 masih bocah banget] kembali datang ke Ip Man dan berniat belajar beladiri kepadanya. Udah beranjak dewasa dan ia memamerkan beberapa jurus kung fu yang dikuasainya, berikut skill kecepatan yang telah ia kuasai. Namun Ip Man nggak menolak, juga belum bisa menerima Bruce Lee sebagai muridnya, "kembalilah nanti" ujar Ip Man. Susah juga ya boook pengen jadi murid legend Wing Chun ini.

martial-arts-wing-chun
Wing Chun, saya suka karakter Ip Man. Pembawaannya tenang, bersahaja dan romantis. [2]
Terdapat dua konflik yang diangkat di Ip Man 3 ini, salah satunya konflik kekuasaan oleh pengembang asal Amrik. Frank [Mike Tyson] yang bekerjasama dengan ketua gangster lokal Ma King-sang [Patrick Tam]. Untuk merebut paksa lahan yang saat itu digunakan sebagai sekolah anak Ip Man, Ip Ching. Mau tidak mau, karena anggota kepolisian pun kewalahan. Ip Man beserta para muridnya lah yang menjaga sekolah tsb siang dan malam.

Konflik kedua, dipicu oleh orang tua teman sekolah Ip Ching, ayah dari Cheung Fung ... Cheung Tin-chi [Zhang Jin]. Cheung membuka sekolah beladiri dan mengklaim bahwa Wing Chun miliknya lah yang asli, sedang Ip Man palsu. Duh jaman dulu juga udah musim ya asli, ori dan kw hihihi.

KLIMAKS

Saya lebih menyukai klimaks saat Ip Man akhirnya menghadiri tantangan dari Cheung Tin-chi, setelah sebelumnya ia menghindari tantangan tsb. Dikarenakan Ip Man ingin berada di sisi istrinya, yang saat itu divonis kanker perut sehingga usianya pun ditafsir hanya bertahan hingga 6 bulan ke depan saja.

Selain sang istri yang menyaksikan pertarungan antara Ip Man dan Cheung Tin-chi, kedua anak mereka pun diam-diam ikut menyaksikan pertarungan sengit tsb. Diakhir cerita bisa ditebak lah ya siapa pemenangnya hehe.

PS

Namanya juga genre film bela diri, jadi bisa dipastikan adegan ciyaaat, wataw, dsb bertaburan di sini. Walaupun cocok dijadikan film keluarga, namun untuk anak di bawah umur hmmm belum layak tonton menurut saya hihihi. Karena kan adegan kekerasan bertaburan vulgar di sini :)

Padahal mulanya saya tuh enggan menonton Ip Man 3, maklum waktu itu lagi bosen ngeliat film Cina kolosal dengan latar dan adegan kung fu sebagai pemikat cerita. Warrios Of The Yang Clan adalah serial kung fu Cina berbahasa Mandarin terakhir yang saya lihat, dan hampir semua baik itu film maupun serial kung fu Cina biasanya ada sisi sejarahnya.

Dengan menonton film Ip Man 3, saya jadi tau sejarah salah satu ilmu beladiri di daratan Cina ini. Apalagi salah satu mendiang muridnya juga tersohor, Bruce Lee.

REVIEW

Meskipun saya belum melihat Ip Man 1 dan 2, masih bisa nyambung kok. Apalagi rating IMDb film ini bagus pisan, 7.1/10

Yuen Woo-ping, sang penata koreografinya aja udah malang melintang di film bergenre serupa seperti Drunken Master, Drunken Tai Chi, Tai Chi Master, Crouching Tiger, Hidden Dragon: Sword of Destiny, sampai The Matrix Series pun ia ikut andil. Jadi ya ya ya, bisa dibayangkan lah epiknya film kung fu Ip Man 3 ini.

Dari sisi pemain, aktor dan aktris yang ikut andil di Ip Man 3 ini total semuanya, terutama pemain utama Donnie Yen. Meskipun dikatakan bahwa mungkin Ip Man adalah film bergenre beladiri terakhir yang ia perankan, mengingat usianya kan udah menginjak setengah abad. Tapi Donnie Yen sampe bela-belain belajar sendiri ilmu bela diri Wing Chun ke generasi kedua Ip Man yang tak lain adalah anak pertamanya, Ip Chun, seperti yang tampak di video ini.


Pemain utama wanita pun dari film pertama sampai ketiga diperankan oleh aktris yang sama pula, Lynn Hung. Nggak ketinggalan Mike Tyson mantan petinju profesional juga ikut beradu akting bersama Donnie Yen, sampai-sampai si leher beton sempat mengalami cedera patah tulang jari telunjuknya hihihi.

Jadi nggak salah kalo di Singapura Ip Man 3 berhasil menggeser film box office sejuta umat Star Wars The Force Awaken ... ternyata aksi kung fu daratan Cina masih menjadi favorit ya.
"...Ip Man 3 beat The Force Awakens because it is a better film.I have watched both movies numerous times in the cinemas. During The Force Awakens, audiences used phones and visited the washroom. During Ip Man 3, people were glued to the screen." [1]
Better late than never lah, kalo film ini baru saya tonton di tahun 2016, padahal udah release dari tahun 2015 hihihi. And then, happy watching ^^

* sumber informasi:
[1] www.straitstimes.com/lifestyle/ip-man-3-is-better-than-star-wars [diakses tanggal 31 Desember 2016].

* sumber foto:
[1] Ip Man 3, www.imdb.com/title/tt2888046/?ref_=m_ttmi_tt [diakses tanggal 31 Desember 2016].
[2] Wing Chun, thetfs.ca/2016/01/22/review-ip-man-3/ [diakses tanggal 31 Desember 2016].
---------------------------------------------------

Genre: biografis seni bela diri
Produser: Raymond Wong
Sutradara: Wilson Yip
Produksi: Dreams Salon Entertainment Culture
Durasi: 1jam 45min [105 menit]
Cast: Donnie Yen, Zhang Jin, Lynn Hung, Mike Tyson, Patrick Tam, Karena Ng, Kent Cheng
Tahun: 2015

You Might Also Like

7 happy thoughts

  1. Lagi mau nyontek sebenernya urut urutan bikin reviw film pegimana mb ning, ternyata patokannya ada yang pada kotak kotak pink #oke catet
    Sampe mike tyson oun sekarang turun gunung jadi artis, wow suatu cameo yang cukup menarik nih
    Btw pnasaran ama lynn hyung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...penasaran ya oemainnya sama mulai 1-3.

      Btw soal mereview film kuliat macem2 sai, misal nih ada yg ngereview dr segi scene...jd mulai adegan dewasa, berantem, discene mana aja disebutin, trus layak tonton unt umur brp, yg detail bgt kek gt jg ada.

      Sdgkan reviewku ala ala sih ini, mau enaknya aja wkwkwk.
      Makasih ya lampir terus di sini, doyan nonton jg tryta dirimu :*

      Delete
  2. Saya dulu nonton film ini pas masih di play di bioskop. Waktu nonton ini pun saya seneng banget karena filmnya bagus, nggak nge bosenin dan saya tetep paham meskipun nggak nonton yang 1 dan dua :D

    Eh Ratingnya film ini menurut kamu sendiri berapa mba ?

    ReplyDelete
  3. waaa kau ngikutin IP man terus, emang bagus filmnya..

    ReplyDelete
  4. Cobain liat ah, aku udah liat yang 1, 2 ma 3 belum.

    ReplyDelete
  5. aku baru nonton IP man yang pertama aja

    ReplyDelete
  6. keliatannya seru ni film IP Man yg ketiga

    ReplyDelete

Thank you for reading, and commenting #beYOUtiful

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram