Cara Memilih Keramik Kamar Mandi yang Tepat dan Tidak Mudah Kotor

Wednesday, October 10, 2018

Cara Memilih Keramik Kamar Mandi yang Tepat dan Tidak Mudah Kotor - "Apa yang kita lihat di kamar mandi adalah refleksi dari penghuni rumah yang kita datangi" [catet!]. Jadi,  kalo kamar mandi terlihat bersih dan rapi, maka bisa disimpulkan bahwa si pemilik rumah adalah orang yang mencintai kebersihan. Sebaliknya, kalo kamar mandi terlihat jorok, nggak terawat, sangat kotor bahkan mungkin berantakan. Nggak sulit juga buat kita menyimpulkan bahwa si pemilik rumah tersebut adalah orang yang malas, dan juga jorok sekalipun bagian-bagian rumah yang lainnya tampak bersih serta rapi ... Iya apa iya???

Menjaga kebersihan kamar mandi memang nggak mudah. Butuh ketelatenan dan sedikit ulet untuk menjaga serta merawatnya agar nggak mudah kotor dan bernoda. Namun di samping itu, sebenarnya ada hal penting yang perlu diperhatikan agar kamar mandi lebih mudah dibersihkan dan nggak mudah kotor. Hal yang saya maksudkan tersebut adalah, bagaimana memilih keramik kamar mandi yang tepat. Toh, ini juga untuk memudahkan kita dalam menjaga kebersihan kamar mandi itu sendiri kan?!

interior-kamar-mandi

Cara memilih keramik kamar mandi yang tepat dan tidak mudah kotor dan bernoda.

Beli keramik yang berkualitas

Harga keramik kamar mandi yang berkualitas memang sangat mahal. Apalagi jika itu adalah keramik dengan kualitas terbaik. Sudah pasti, harga keramik kamar mandi tersebut membuat kita terpaksa merogoh kocek lebih dalam.

Namun yang pasti, sebuah keramik berkualitas tinggi akan memberikan kita sejumlah keuntungan yang tidak akan kita dapatkan apabila memilih harga keramik kamar mandi yang murah dan berkualitas rendah. Contohnya:
  • Kamar mandi akan terlihat lebih mewah.
  • Warna yang ditampilkan lebih cerah dan tajam.
  • Tidak mudah rusak dan awet.
  • Mudah dibersihkan.
  • Noda tidak mudah lengket.
  • Motifnya terlihat elegan, sudah pasti ... ada harga, ada rupa tentunya.
Hmmm, trus gimana dong kalo budget terbatas? Nggak perlu kuatir, misal budget belum mencukupi juga untuk membeli keramik terbaik dengan harga selangit, tapi tetep ingin kamar mandi terlihat cantik dan menarik. Cobalah memilih keramik yang kualitasnya satu tingkat di bawah keramik terbaik. Karena lagi-lagi, alasan mengapa kita memilih berdasarkan kualitas terlebih dahulu adalah untuk memberikan kesan indah, bersih, rapi, mewah, dan berkelas pada kamar mandi.

Pilihlah keramik berdasarkan jenis kamar mandi

Literally, ada dua jenis kamar mandi yaitu, kamar mandi basah dan kamar mandi kering. Pada umumnya kita yang tinggal di Indonesia mengadopsi yang pertama yaitu kamar mandi basah. Di mana hampir semua bagian kamar mandi akan terkena air ketika kita mandi.

Karena akan lebih sering basah, maka kamar mandi seperti ini perlu menggunakan keramik yang tahan air dan tidak mudah rusak serta nggak licin, kalo kita menginjaknya dengan kaki yang basah. Jenis keramik yang paling cocok adalah keramik yang dilengkapi dengan motif-motif timbul dengan tekstur agak sedikit kasar.

Sebaliknya, kamar mandi kering sangat cocok apabila menggunakan keramik yang terbuat dari batu alam atau batu koral sehingga akan terlihat lebih indah dan menarik.

Pilihlah ukuran keramik berdasarkan ukuran kamar mandi

Kalo kamar mandi di rumah kalian berukuran kecil, hindari membeli keramik berukuran terlalu besar. Karena hal tersebut menyebabkan kamar mandi terkesan menjadi sempit.

Pilihlah keramik untuk dinding kamar mandi yang tidak mudah meninggalkan noda

Ada beberapa jenis lapisan yang digunakan untuk keramik yaitu, glossy biasanya terlihat mengkilat dan licin serta tidak mudah bernoda. Kemudian ada juga yang dilapisi dengan satin, keramik matte, serta keramik bertekstur yang cocok untuk lantai.

Untuk bagian dinding kamar mandi, pilihlah yang glossy dan licin agar air maupun noda-noda yang menempel lebih mudah dibersihkan sesaat setelah kita menggunakannya untuk mandi atau mencuci.

Tempat membeli pembersih keramik kamar mandi

Agar kamar mandi selalu terlihat bersih dan nggak terkesan jorok, biasakan diri untuk membersihkan kamar mandi setidaknya tiga kali seminggu. Semakin sering tentu akan semakin baik, biasanya sih sambil mandi ya sekalian ngebersihin juga. Untuk mengatasi noda membandel, cobalah menyediakan pembersih keramik kamar mandi di rumah.

Pembersih keramik kamar mandi bisa dibeli salah satunya melalui toko online seperti Bukalapak. Saya menyarankan toko online karena memang rata-rata produk yang dijual di toko online berharga murah, mudah dicari, dan umumnya sangat lengkap, belum lagi kalo pas ada promo ... wuahhh bisa-bisa kalap [eh].

Keuntungan lain berbelanja di toko online adalah, kita bisa langsung tahu kualitas maupun keampuhan pembersih kamar mandi tersebut melalui testimoni orang-orang yang pernah membeli dan mencobanya. Sehingga, pendapat-pendapat orang tersebut bisa kita jadikan acuan agar nggak salah membeli.

Nah, gimana? Minggu ini kamar mandinya sudah dibersihkan belum? Atau mungkin mau direnovasi supaya mandi makin betah hehehe.

* sumber foto:
https://pixabay.com/en/bathroom-bath-tub-toilet-bathtub-490781/ [diakses tanggal 10 Oktober 2018].

You Might Also Like

3 happy thoughts

  1. Sangat bermanfaat banget mbak informasinya, kebetulan sekali saya sedang mau renovasi kamar mandi hihi.

    ReplyDelete
  2. Menjaga kebersihan kamar mandi itu memang sangat penting sekali ya mbak, apalagi klau pas ada tamu yang numpang ke kamar mandi. Bakalan malu banget kan kalau ternyata kamar mandinya kotor dan banyak sekali noda.

    ReplyDelete
  3. Baca tips beginian jadi pengen punya suami, eh, rumah. :))

    ReplyDelete

Makasih ya, buat kalian yang udah berkunjung & leave comment...stay beYOUtiful ^^

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram