[Q&A] Enaknya Jadi Blogger

Tuesday, December 11, 2018

[Q&A] Enaknya Jadi Blogger
"Pengen gabung dong."

Seketika bingung dengan komentar tsb setelah saya mengupload teaser tulisan #BPN30dayChallenge2018 di feed Instagram, yaaa ... salah seorang follower berujar demikian. Dan ketika ditanya balik, gabung apaan. Ia ingin mengikuti aktivitas saya sebagai seorang blogger, hah? Dikira joint MLM yak gabung huhuhu, bukan ini bukan tentang kamu mau gabung ato enggak. Ini tentang menulis, bukan tentang gabung ato apalah. Jadi, cukup dengan memulai dengan menulis ... kalian sudah bisa "gabung" [halah, gabung lagi] hihihi ^^v

"Ajarin gimana jadi blogger dong?!"

Sama seperti kita menulis diary [offline], bedanya kita menulisnya pada sebuah platform by internet [online]. Jawab saya singkat tiap kali ada yang bertanya demikian.

Dari jawaban singkat tsb beberapa ada yang masih bingung, kemudian ingin diajarin gimana memulao sebuah blog secara private. Yang biasanya, sebelum memulai saya ceritakan sedikit kisi-kisi mengenai blog itu bagaimana, dan seperti apa. Tapi seringkali dari situ tak ada kabar lanjutan, yaudah biarkanlah ia memilih sendiri jalannya. Atau jangan-jangan penjelasan saya tidak dimenegerti yak, hmmm?!?

"Gimana caranya bisa dapat duit dari blog?"

Kerap menulis artikel berbau sponsorship atau awam menyebutnya endorse. Hingga mengundang tanya dari beberapa teman saya, yang kemudian tak sedikit menyimpulkan "Kerja jadi blogger, bisa menghasilkan uang." Tak salah emang, tapi satu yang harus digarisbawahi ... semua hal tsb butuh proses.

Sama seperti kita bekerja di sebuah perusahaan, sebulan kemudian baru lah kita menerima gaji. Pun demikian dengan blogger, mungkin rentang waktunya aja yang beda. Biasanya kita sudah bisa menerima job tulisan setelah blog kita berusia setidaknya 6 bulan dengan update tulisan secara berkala.

Well, buat saya ...
✓ jadi blogger itu mengasyikkan.
✓ curahan isi hati saya bisa berbuah sebuah tulisan, yang insya Allah bermanfaat buat pembacanya.
✓ menulis tidak mengenal batas usia, semoga saya bisa tetap konsisten menulis sampai kapan pun.
✓ karena hobi saya menulis.
✓ dari tulisan, alhamdulillah bisa menghasilkan
ENAKNYA JADI BLOGGER

Dulu, saat masih kerja kantoran ... kegiatan blogger ini saya jadikan sampingan di sela rutinitas kantor from 7am to 5 pm. Eh, setelah berhenti kerja pun ya tetap aja jadi part time blogger hehehe. Yaaa gimana lagi, mo jadi full time blogger ya belum waktunya untuk bisa fokus penuh ke dunia yang saya cintai ini. Tapi meski begitu, mau full time ataupun part time ... saya tetap suka menulis.

* sumber foto:
Adobe Spark Post, edit by Me

You Might Also Like

2 happy thoughts

  1. Ngeblog sama aja kayak bercerita tentang kehidupan kita ke orang lain. Rasanya seneng kalo bisa memotivasi orang lain bahkan ketika masih part time blogger

    ReplyDelete

Thank you for reading, and commenting #beYOUtiful

Friends of mine

Facebook Pages

Instagram